Friday, December 11, 2009

Modifikasi Suzuki Skywave dari Malang

KOMPAS.com — Modifikasi Suzuki Skywave dari Malang, Jawa Timur, ini simpel. Namun kalau dari depan, motor ini seperti Bumblebee di film Transformers, dan juga terkesan sangar. Secara keseluruhan, Suzuki Skywave ini enak dilihat, sesuai dengan keinginan sang empunya motor, M Subhan Sahroni. "Prinsip saya, meski banyak dirombak, tetap terlihat wajar, enggak aneh," papar Roni, panggilan sehari-hari Sahroni.




Roda belakang sudah dimundurkan 15 cm dengan velg full custom 8 inci supaya tampak harmonis di semua sisi. Sementara itu, velg depan yang dipilih punya lebar 3,5 inci. Menurut Roni, handling akan merepotkan kalau ban terlalu lebar.

Desain velg secara khusus mengacu pada model yang banyak diaplikasi komunitas H-D beraliran chopper. Jadi, Roni enggak mau hanya sekadar pakai velg mobil. Ia juga harus memikirkan desain palangnya dan velg seperti ini termasuk one piece. Itu artinya, antara palang dan bibir rim menjadi satu kesatuan.

Untuk mengimbangi roda besar tadi, bagian bodi memerlukan penambahan agar tampak gambot. Enggak harus rombak total, tetapi cukup dengan penambahan body kit di beberapa bagian. Misalnya cover depan atau tepatnya atas lampu utama.

Penambahan lainnya tampak pada sisi samping cover depan. "Dengan penambahan bodi depan, kami tanam semacam lampu sein," komentarnya. Begitu juga dengan penambahan di bagian bawah dek atau side skirt. Semuanya menggunakan fiberglass. (Ade, Nurfil)