Modifikasi Audi TT 2002 Elegan



KompasOtomotif - Afuk tampak begitu menyayangi Audi TT lansiran 2002. Ketika KompasOtomotif datang ke kediamannya di perumahan elit, di Jakarta Barat, hari ini (17/2) ia tampak sedang memoles tiap bagian bodi si putih. Meski sudah berulang kali mengalami perubahan, pria asal Tenggarong ini mengaku sedan sport asal Jermannya itu kurang garang.

Modifikasi yang dilakukan dengan menyematkan bahan serat karbon di sana-sini. Dimulai dari kap mesin, bagian atas sampai di bibir bemper depan, lanjut merambat ke side skirt, sampai bemper belakang dan spoiler. "Nah, penampilan udah mantap nih, terus kaki-kaki memang sedikit gue ubah untuk diselaraskan sama eksterior aja," jelas Afuk.

Di bagian kaki-kaki, pelek bertampang sport dari Gnosis GS1 terpasang pada keempat roda, kemudian diamankan oleh sistem rem Brembo GT4 dengan dua piringan rem 350 mm dan sentuhan minimalis untuk kaliper rem belakang dicat merah. Yang terakhir, supaya berkendara lebih nyaman ada suspensi V2 street comfort.

"Itu untuk eksterior, kalo di bawah kap mesin agak banyak ubahannya, lagi pengin kejar performa lebih," tegas pria bertubuh tegap itu. Untuk memenuhi keinginannya, jantung pacu dipasang paket turbo kit dari Forge. Lalu, untuk lainnya neuspeed p-flow air intake kit, greedy silicone hose kit, earls stainless steel fule lines, polish intake manifold, dan valvetronic exhaust dengan slanted quad exhaust tips. "Sentuhan akhir cover engine (penutup mesin) saya cat silver supaya kontras," tambahnya.

Namun atmosfer berbeda coba disajikan pada interior. Aura sport tampak kuat dari kursi yang dibalut kulit merah yang diserasikan sama door trim yang bersanding kontras dengan warna hitam. Trus, tepat di belakang tuas sein ada HKS turbo timer sebagai fitur sport tambahan.

Masih areal interior, sistem audio di-upgrade mengingat bagi pria penikmat musik rock tersebut. Jadi terpasanglah amplifier DLS Diamont edition A5 dengan subwoofer Rockford 1000D, capasitor bank Soundstreem dan instalasi perangkat ini hasil modifikasi dari Santoso audio. Lengkap sudah ngebut bisa, sistem entertainment mumpuni dan penampilan keren. "Untuk budget, off the record," sela Afuk saat KompasOtomotif menanyakan anggaran perubahan "Si Putih".
Read MoreModifikasi Audi TT 2002 Elegan

Modifikasi Toyota Camry 2010 Edisi NASCAR



KompasOtomotif - Camry 2010 edisi NASCAR dipastikan menjadi varian termahal dan paling laku dari model sedan menengah Toyota di Amerika Serikat. Pasalnya, mobil tersebut dibandrol 299.900 dolar AS atau Rp 2,7 miliar. Mobil ini dibangun oleh TRD (Toyota Racing Development) dan RK Motor ketika ditampilkan di SEMA 2010. Walau tidak mengikuti balap NASCAR, penampilan dan penambahan fitur, diilhami oleh mobil balap khas Amerika tersebut.

Eksterior Camry coupe dua pintu ini dimodifikasi langsung oleh RK Motor. Setiap komponen bodi dibuat bergaya NASCAR, antara lain gril, bemper depan, rumah lampu kabut dan spion dari serat karbon plus spoiler ekor itik di atas tutup bagasi. Bagian mobil yang masih asli adalah logo Toyota, desain lampu belakang, tutup bahan bakar dan pegangan pintu.

Perubahan yang sangat mencolok justru dilakukan di bawah kap mesin. Pasalnya, mesin yang digunakan berkapasitas 5.866 cc, V8 yang menyemburkan tenaga hingga 689 PS. Tenaga tersebut dipindahkan ke roda melalui transmisi Tremec T-56, 6-percepatan bersama dengan kopling Ram dual-disc street.

Untuk kaki-kaki dipasang pelek krom berdiameter 20 inci dari TSW Jarama berbalut ban Michelin Pilot. Sementara itu modifikasi interior tidak sehebat eksterior. Jok standar berlapis kulit hitam dengan kombinasi merah tetap dipasang. Sementara audio di-up-grade dengan produk Pioneer yang dikombinasikan dengan speaker Boston Acoustics.
Read MoreModifikasi Toyota Camry 2010 Edisi NASCAR

Modifikasi Mobil Ford Fiesta Monster Energy WRC


Gambar Modifikasi Mobil Ford Fiesta Monster Energy WRC

KompasOtomotif - Pekan lalu KompasOtomotif melihat sesuatu yang menarik, yaitu Ford Fiesta bergaya World Rally Cahmpionship (WRC) lengkap dengan Monster Energy yang diparkir pada salah satu rumah mewah, di Jakarta Selatan. Setelah diusut, ternyata, aslinya adalah Ford Fiesta 2011. Mobil kompak ini telah dimodififkasi dan dijadikan simbol bukti kecintaan Ucok - sapaan akrab Rachmat Harahap - terhadap reli dan mengaku (juga mengaku sebagai mantan pereli).

"Perombakannya banyak. Termasuk penambahan bodi kit," ungkap Ucok. Bemper dan kap mesin plus 4-lampu xenon telah membuat wajah Fiesta ini berbeda dari asli atau standarnya. Begitu juga tambahan ornamen di sepatbor (fender) depan dan belakang yang berukuran besar. Sosok hatchback ini pun semakin kokoh. Perombakan di bagian belakang termasuk ekstrim, khususnya bemper dan tambahan sayap.

Interior juga dirombak untuk menciptakan ciri khas mobil reli. Untuk itu, dipasang roll bar, kursi model bucket dari Recaro dan pedal-pedal Sparco. Perangkat hiburan juga diganti dengan memilih satu set audi dari Kicker. "Yah, ini mobil kan untuk gaya. Audionya kudu di upgrade juga," imbuh Ucok.

Di bawah kap mesin, juga terjadi perombakan tak kalah ganas. Mesin mobil kompak ini mengalami cangkok turbo disertai kelengkapannya antara lain HKS intercooler, wasegate turbo smart, saluran buang dan injektor tambahan.

Untuk mempertegas sosok Fiesta World Rally, dipasang pula pelek 18 inci hijau ala Monster Energy dari Volrace. Mobil ini semakin macho dengan kaliper rem merah di depan bersama piringan buatan Brembo.

Sayang, Ucok tidak merinci, biaya yang telah dihabiskan untuk mempermak penampilan Fiesta ini!
Read MoreModifikasi Mobil Ford Fiesta Monster Energy WRC